Masih Semangat Menabung di Celengan?



Kapan waktu yang tepat untuk menabung?

Langsung saat Anda menerima penghasilan!  Begitu Anda menerima penghasilan, segera  sisihkan sebagian untuk ditabung.  Jangan menabung hanya saat ada sisa saja..

Tapi sulit Teh, penghasilan saya pas-pasan, nanti malah nggak cukup buat kehidupan sehari-hari.
Begitu yang sering diungkapan beberapa perempuan

Memang nggak mudah, mau nggak mau Anda harus mulai hidup hemat alias tidak boros.  Hemat itu artinya hidup berkecukupan alias tidak berlebih-lebihan.

Ya, 2 cara saya bebas UTANG adalah Hilangkan GENGSI dan SPEKULASI
Cara saya yang lain adalah : The Power of Celengan
Ini cara saya menabung untuk membebaskan utang dan jika ingin membeli sesuatu
Kebayang nggak kalau celengan yang Anda beli di pasar dengan ribuan rupiah saja bisa mewujudkan mimpi-mimpi Anda?
Bisa lunasin utang...
Bisa beli rumah...
Bisa beli sawah...
Bisa buat apa saja!
Asal Anda mau dan disiplin PASTI BISA!  

Hingga sekarang, ketika saya dan suami memutuskan untuk membeli sesuatu yang harganya mahal, kami memutuskan MENABUNG sesuai breakdown harga dibagi target hari DI CELENGAN dan membukanya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
Sebuah cara yang sederhana untuk membebaskan utang sekaligus membeli sesuatu tanpa utang.

‪Kuncinya KONSISTEN MENABUNG dan MENAIKKAN TERUS PENDAPATAN, sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

Mengawal para perempuan belajar bagaimana mengelola keuangan, selain masalah utang juga PENCATATAN KEUANGAN.  Penting sekali bagi pebisnis untuk memiliki pencatatan keuangan yang benar.  Tidak adanya pencatatan keuangan dalam bisnislah yang sering membuat PEBISNIS nggak tahu bisnisnya UNTUNG atau RUGI. Kalau sudah dicatat dengan baik dan disiplin, kelihatan semua bukan?

Lakukan pencatatan keuangan dan keluar masuk uang itu yang selalu saya ingatkan pada para pebisnis juga pada para perempuan di komunitas saya, yakni Emakpintar.asia dan untuk untuk memudahkan mereka saya membuat buku Financial Workbook for Mompreneur.

Ada hal lain lagi, kebiasaan menabung di celengan membuat saya memiliki sampah celengan plastik, hemmm

Merasa bersalah sama lingkungan saya mulai berpikir itu  bekas celengan mau dikemanakan dan hari ini kreasi itu muncul : celengan menjadi pot gantung.
Sedikit saya modifikasi dengan sentuhan motif polkadot biar keren sedikit.  Semoga bisa menginspirasi buat yang lagi semangat nabung di celengan!

No comments:

Post a Comment