Teh, Bagaimana Cara Menghadapi Black Campaign?



Pernahkah Anda merasa terluka karena seseorang di networking Anda yang dianggap partner kerja, sahabat baik atau rekan bisnis tiba-tiba memblack campaign Anda di belakang?

Bagaimana jika hal itu terjadi? Apabila terjadi black campaign pada Anda jangan menerka-nerka penyebabnya atau bertanya sana-sini.  Lebih baik Anda bertanya pada orang yang Anda anggap melakukan hal tersebut.  Apa alasannya? Apa persoalannya? Apa ada masalah dengan hubungan Anda dan orang tersebut?

Sebulan ini saya mendampingi mantan karyawan Indscript yang sudah bermetamorfosa menjadi pengusaha.

Proses pendampingan berjalan menyenangkan karena kami bisa berkaca pada kasus yang pernah ada. Dia tahu Indscript, saya pun tahu dia :)

Tidak jarang, saya mengajarkan dia dari pengalaman saya jatuh bangun di Indscript.
Hari ini, beliau bertanya...

"Teh, waktu saya jadi karyawan Indscript, saya merasakan Indscript mengalami black campaign. Apa yang teteh rasakan saat itu? dan bagaimana teteh mengatasinya?" tanya beliau
Saya menjawab, "Menjadi pebisnis tidak mudah, salah satu yang harus dikuatkan adalah MENTAL. Kita akan mengalami black campaign bisa karena PERSAINGAN ataupun memang kita yang melakukan kesalahan. TAPI, keduanya harus dihadapi dengan satu cara: MELAKUKAN PERBAIKAN TERUS MENERUS." sahut saya

Dalam bernetworking kita memang harus bersiap mengecap hal manis dan pahit sekaligus.  Karena pada dasarnya karakter manusia bermacam-macam.  Kita tidak bisa memaksa semua orang sejalan dengan kita.  Yang terpenting, selalu lakukan introspeksi diri.  Mungkin saja yang memblack campaign Anda tidak akan mengakui sepenuhnya apa yang dilakukan.  Andapun jangan merasa paling benar.  Lakukan introspeksi, jangan-jangan ada yang salah dengan kerjasama atau langkah Anda.

Ya, itulah yang harus dilakukan semua perempuan pebisnis, menyiasati setiap kabar buruk dengan KEPALA DINGIN sehingga LANGKAH tetap terarah dengan tepat.

Jadikan setiap masalah yang muncul sebagai pembelajaran.  Sikapi dengan bijaksana. Itu akan membuat networking kita semakin kuat dan bermanfaat.  Mari bersama-sama membangun networking yang sehat!

Selamat berbisnis, mantan karyawan Indscript ^__*

Selamat datang di dunia bisnis...

No comments:

Post a Comment