Fokus Berbisnis Akan Menyatukan Semua Energi yang Terserak



“Awalnya saya jual bermacam-macam brand. Berhubung modal sedikit jadi saya pilih fokus di satu brand. Selain itu marketingnya agak repot juga kalau  menjual beberapa brand. Maksudnya kebanyakan produk malah hasilnya kurang fokus, ada produk yang tak sempat diiklankan, karena dalam satu brand saja produknya sudah banyak banget, jadi bingung kan mau ngiklan yang mana.  Lalu saya memutuskan menjual brand yang paling saya sukai, yang pasar/target marketnya sudah saya dapatkan, berusaha fokus di situ. Alhamdulillah.omzet sudah lumayan lancar, lalu muncul brand baru yang merupakan co-brand produk yang saya jual dan saya ditawari lagi menjadi agen eksklusif. Karena karakter co-brand ini hampir sama dengan brand yang saya jual maka saya ambil tawaran menjadi agen. Ya Alhamdulillah lancar juga karena tidak lagi susah cari target marketnya.  Tempo hari saya kembali coba-coba menjual produk dengan brand lain, kali ini brand premium yang target marketnya kalangan atas.  Ternyata saya malah mengalami kesulitan karena harus cari market baru.  Ternyata memang benar, harus fokus membesarkan bisnis yang sedang dijalani.”

Demikian pengakuan seorang peserta Reparasi Bisnis pada satu sesi diskusi di grup WA.

Ya, bukan hanya beliau, tak sedikit pebisnis yang ingin mengubah haluan bisnis karena menganggap bisnis yang lain lebih menguntungkan.

Mungkin saja bisnis lain lebih menguntungkan, tapi apa benar bisnisnya akan cocok kita jalankan?  Belum tentu!  Lebih baik fokus di bisnis Anda, besarkan bisnis anda.   Sukses itu berawal dari fokus.  Tak ada konsep sukses yang berawal dari palugada (apa lu mau gue ada) apalagi bisnis yang dijalankan sekedar tertarik dengan bisnis orang lain.  Dengan fokus kita bisa menyatukan semua energi yang terserak menjadi terarah ke satu titik, sehingga akan menghasilkan energi yang lebih dashyat.

Bisnis itu harus melalui proses yang panjang, melalui berbagai pengalaman.  Jangan berpikir orang lain yang sekarang beromzet milyaran rupiah tidak menjalani proses yang berliku.  Mereka pasti pernah mengalami naik dan turun dalam bisnisnya.

Kalau Anda fokus dan konsisten mengembangkan bisnis Anda sekarang, yakinlah pasti suatu hari nanti akan menjadi bisnis yang besar.  Fokus dalam bisnis dengan mengejar satu target market dalam mengelola bisnis sangatlah penting agar bisnis yang kita tekuni mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

Yang terpenting, perbaiki semua kesalahan dalam berbisnis.  Ubah cara-cara lama Anda menjadi cara baru yang jauh lebih menarik.  Jalani semua proses berbisnis dengan penuh ketekunan hingga akhirnya Anda akan menemukan cara menjalani bisnis yang lebih baik dari hari ke hari.
Selamat fokus dalam bisnis!

No comments:

Post a Comment