Modal Penulis yang Paling Besar Adalah PERCAYA DIRI

Jika saya menyerah ketika karya-karya saya ditolak tahun 1996, saat ini saya tidak ada dalam posisi saat ini.

Entah berapa banyak karya ditolak di berbagai media TAPI saya tetap menulis.
Setelah ditolak, saya belajar bagaimana menyempurnakan tulisan lalu satu persatu artikel, cerpen, dan opini saya muncul.

Di Gadis, di Pikiran Rakyat, di Ummi, di Aneka, dan di semua media.

Lalu, saya sempurnakan langkah dengan percaya diri menawarkan posisi sebagai kontributor tetap di beberapa media remaja dan berhasil selama hampir 4 tahun menggelutinya hingga buku pertama saya terbit di tahun 2004 dan waktu bergulir cepat sehingga saya sampai pada titik banyak buku diterbitkan.

Seandainya saya menyerah ketika naskah buku saya ditolak…saya tidak akan ada di posisi ini.

Ketika saya kemudian berbisnis di jasa penulisan, saya menghadapi begitu banyak hambatan meski saya menemukan sejuta keceriaan. Seandainya setiap hambatan membuat saya menyerah, saya tidak akan ada di posisi saat ini.

Ketika bisnis down saya memilih menyerah, saya tidak akan berdiri hingga saat ini sebagai seorang pebisnis di jasa penulisan.

Ketika sebuah perselisihan membuat saya menyerah, saya tidak akan ada disini
Ketika dalam suasana persaingan sengit saya menyerah, saya tidak akan disini
Karena saya tidak menyerah, saya masih disini.

Masih sebagai penulis
Masih sebagai pebisnis di bidang jasa penulisan
Ya masih disini dengan semangat pantang menyerah…

Karir penulis adalah sebuah proses panjang yang harus diperjuangkan dengan penuh percaya diri.

Ya, modal penulis yang paling besar adalah percaya diri.

Percaya diri memberikan keyakinan kuat pada diri seorang penulis untuk terus menulis.  Penulis yang memiliki kepercayaan diri tentunya akan yakin akan kemampuan diri sendiri.

Mampu memandang positif dirinya, juga mampu menghargai dan memahami dirinya sendiri.  Sesungguhnya keadaan diri Anda adalah hasil dari cara pandang dan berpikir Anda sendiri.  Sehingga tak bisa dipungkiri lagi, cara pandang diri sendiri akan mempengaruhi cara pandang orang lain terhadap Anda.

Yakinlah bahwa tiap-tiap dari Anda adalah istimewa, sehingga tulisan Anda adalah bagian dari keistimewaan itu.  Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir untuk menyebarkan tulisan Anda.  Milikilah kepercayaan diri bahwa karya Anda akan selalu diterima oleh semua orang!

No comments:

Post a Comment