Memang Tidak Mudah!




Kerapkali keadaan tidak memihak kita. Apa yang kita inginkan tidak tercapai, apa yang sudah kita rancang secara sempurna berantakan, apa yang kita anggap akan sukses mengalami kegagalan, kalau sudah begitu rasanya mbeteee buangeeet ya!

Alih-alih kita merasa bahwa apa yang kita lakukan sudah benar tapi kenapa harus gagal? Lantas kita merasa orang lainlah pangkal kegagalan kita? Kemudian kita berpikir bahwa kita memang diciptakan untuk jadi orang gagal? Dan akhirnya kita menangis diatas penderitaan kita......heeeeemmmmmmmm

Tidak mudah memang menghadapi segala persoalan dengan wajah tetap ceria, tidak mudah menengadahkan wajah ketika di depan sana terasa suram, sangat berat berbesar hati menghadapi begitu banyak kenyataan buruk..memang tidak mudah!

Tetapi.....

Tetapi, saya yakin kita semua bisa!
Kalau merunut perjalanan hidup yang saya alami sangatlah tidak mudah. Berbagai persoalan menghadang. Dimulai dari kehidupan masa kecil yang jauh dari harmonis, kekurangan materi ketika beranjak remaja, terpaan persoalan ketika mulai berkarir, pencarian jodoh yang melelahkan, bahkan tetek bengek lainnya yang luar biasa. Pada saat itu saya merasa saya kemungkinan diberikan persoalan yang jauh di ambang batas kemampuan.

Tetapi....

Tetapi, tetapi memang aneh. Dalam setiap persoalan saya yang dulu terbilang cengeng, ternyata terus menguat. Setiap tetesan airmata semakin menguatkan saya! Saya terus menguatkan pikiran, hati, dan fisik bahwa saya TIDAK AKAN KALAH PADA KEADAAN!
Saya terus berjuang...

Saya berjuang membuat hati saya terus merasa bahagia –tanpapeduliapayangterjadi-
Saya terus berjuang menghapus air mata dengan terus melangkah

Saya terus berjuang menemukan siapa yang akan mendampingi saya seumur hidup dengan melupakan rasa kecewa di masa lalu

Saya terus melangkah ketika ejekan, hinaan, dan cibiran orang lain mencoba meruntuhkan saya

Saya terus melangkah dan terus melangkah dalam berbagai keadaan

Saya berjuang!
Waktu terus berjalan dan tibalah saya berada disini
Disini, keadaan dimana saya menginginkannya
Apakah setelah saya berada disini artinya saya tidak akan menemukan persoalan?
Ada begitu banyak persoalan! Tapi saya tahu bahwa manusia memang tidak pernah lepas dari persoalan
Setinggi apapun keadaan yang sudah diraih persoalan pasti ada!
Roda terus berputar dan kita harus siap dengan perputarannya...!
Yang harus dilakukan adalah bagaimana supaya ketika dalam keadaan yang diinginkan kita selalu bersyukur dan ketika kita dalam keadaan yang tidak diinginkan kitapun tetap bersyukur.

Semangaaaat!
Ya, mengelola semangat dalam berbagai keadaan
Tidak berlebihan dalam keadaan senang dan tidak mengeluh dalam keadaan lemah!
Semangat ya semangat....itu yang kerapkali membantu saya mencapai rasa ‘lapang dada’ menghadapi segalanya
Tidak hanya lapang dada tapi juga senantiasa tak putus asa merajut mimpi-mimpi di depan sana
Saya yakin, ada banyak hal indah disiapkan Allah untuk umatNya yang tidak pantang menyerah!
Terima kasih semangat karena senantiasa menjadi ‘soulmate’ dalam hidup saya.....moooach

No comments:

Post a Comment