Tak setuju dengan tulisan saya? Boleh saja!

Saya menulis karena saya ingin menulis. Saya tak perlu menunggu untuk memiliki keberanian menulis. Menulis, mulailah dari sekarang! Menulislah selagi Anda ingin menulis! Begitu saran saya pada sahabat yang ingin memulai karier menulis. Jangan menunggu bisa menulis hal-hal yang ideal. Tulislah hal-hal yang kecil, yang baru Anda tahu, yang Anda dengar, yang Anda lihat, yang Anda alami, yang Anda ingin tulis. Tulis saja!jangan takut salah! Kita menulis memang bukan untuk mendapatkan pujian atau hinaan tapi untuk memuaskan hati atas apa yang ingin kita ungkapkan.
Namun menulis memang salah satu pekerjaan yang bakal menuai banyak pujian dan juga kecaman. Tapi pahami juga, kita hidup dengan banyak manusia, banyak pemikiran, banyak pendapat, dan banyak perbedaan. Jadi kalau ingin menulis, menulislah! Abaikan rasa Anda takut salah! Menulislah dengan apa yang Anda yakini itu benar! Karena kebenaran setiap orang juga berbeda. Oke, selamat menulis dan jika Anda tak setuju dengan tulisan saya, boleh saja kok!

(Yogyakarta, 10 Oktober 2005)

No comments:

Post a Comment